BATIK TULIS TRADISIONAL TLOGOMAS, PRODUK UNGGULAN BINAAN KIM ‘TLOGOMAS’

anggota saat belajar membatik

anggota saat belajar membatik

Gelar fashion show menggunakan batik tulis Tlogomas yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia

Gelar fashion show menggunakan batik tulis Tlogomas yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia

Berbekal mengikuti pelatihan membatik, ibu Endang Yuli Astuti selaku pengurus KIM Tlogomas mengembangkan secara sederhana dan menjadikan sebagai salah satu kegiatan unggulan dari KIM Tlogomas. Dengan berbekal maju, tumbuh , dan bersemangat, sesuai dengan motto dari KIM Tlogomas, Yuli demikian biasa dipanggil, berniat untuk menjadikan kegiatan membatik ini menjadi kegiatan sosial yang bernilai ekonomi untuk warga Tlogomas. Bahkan Yuli berkeinginan menjadikan salah satu wilayah di Kelurahan Tlogomas menjadi salah satu Wilayah yang memiliki predikat Setra Batik Tlogomas.

 

Berbagai pelatihan diikuti hingga Yuli bisa mengembangkan dan menularkan kegiatan membatik ini kepada warga Tlogomas lainnya. Dari awal yang hanya berjumlah 3 orang, kemudian berkembang menjadi 10 orang dan kini sudah menjadi 20 orang.

 

Koleksi batik Tlogomas acara fashion show di mall

Koleksi batik Tlogomas acara fashion show di mall

Sebagai salah satu pengurus KIM Tlogomas, Yuli berusaha mengembangkan kegiatan membatik ini dengan konsep mengangkat ciri khas batikĀ  menyesuaikan dengan konsep potensi wilayah yang tercermin dari setiap goresan lukisan batiknya. Seperti motif Labu Kendi, motif Markisa, motif situs Watu Gong, motif Anggur hijau, dll dimana kesemuanya merupakan ciri khas dari masing masing wilayah di kelurahan Tlogomas.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.