SETAHUN TERBENTUKNYA KIM TLOGOMAS —- Sejauh mana Peran dan Manfaat KIM di Masyarakat

Walikota Malang beserta kepala dinas, camat, dan lurah mengenalkan peran KIM di masyarakat melalui media televisi

Walikota Malang beserta kepala dinas, camat, dan lurah mengenalkan peran KIM di masyarakat melalui media televisi

Maret 2015 ini setahun persis KIM Tlogomas terbentuk. Berarti kurang dua tahun lagi dalam masa satu periode kepengurusan KIM. KIM sebagai salah satu kelembagaan sosial masyarakat yang dibentuk oleh Dinas Kominfo bidang SKDI dengan pengangkatan melalui SK Walikota Malang, yang memiliki wilayah kerja di tingkat kelurahan, mencoba untuk mewujudkan semua program kerja yang dibuat oleh Dinas Kominfo. Sangatlah tidak mudah menggerakkan masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan KIM.” Ini memang pengabdian dan betul betul berkegiatan sosial, dan KIM mau bekerjasama dengan siapapun asalkan satu tujuan, yakni kepentingan bersama…” begitu seperti yang disampaikan oleh ketua KIM Tlogomas, Pantjawati Yustikarini, S.Sos.

Selama ini KIM Tlogomas memfokuskan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Tlogomas yang memiliki masyarakat dinamis dengan besarnya partisipasi masyarakat dalam memajukan pembangunan baik fisik maupun non fisik disikapi aktif oleh KIM Tlogomas. Untuk kegiatan keluar wilayah Tlogomas, KIM mengoptimalkan media blog sebagai alat informasi. Sedangkan untuk kegiatan kedalam wilayah Tlogomas KIM terjun langsung ke masyarakat untuk ikut mendampingi dan memfasilitasi informasi, memberi bimbingan dan pembinaan sistem informasi, dan menjadi mitra kelurahan akan kebutuhan informasi.

KIM Tlogomas bersama Lurah Tlogomas saat menerima kunjungan dari Dinas Kominfo provinsi DKI

KIM Tlogomas bersama Lurah Tlogomas saat menerima kunjungan dari Dinas Kominfo pemprov DKI

Semenjak kelurahan Tlogomas memperoleh predikat kelurahan terbaik Nasional 2014 dengan penghargaan Adikarya Bhakti Praja, otomatis blog yang dibuat oleh KIM menjadi sangat bermanfaat. Hampir semua tamu yang ingin melakukan kunjungan studi banding memanfaatkan blog KIM Tlogomas sebagai media informasi. Kebutuhan akan informasi mereka dapatkan dari KIM Tlogomas. Apalagi KIM Tlogomas dalam kerjanya mengacu pada KIM yang berbasis potensi wilayah. Ini sangat cocok untuk kelurahan Tlogomas.

Hampir di semua kegiatan kelurahan, KIM Tlogomas selalu terlibat di dalamnya. Bahkan ikut menunjang semua kegiatan di kelembagaan sosial kelurahan lainnya, seperti LPMK, BKM, PKK, Karang Wredha, Karang Taruna, BSM/Kader Lingkungan, dan lainnya. Menampilkan informasi apapun bentuknya menjadi kiat kerja KIM Tlogomas dalam mengoptimalkan fungsi KIM. Terobosan terobosan dan program kerja KIM masih perlu di wujudkan dan di tingkatkan sehingga masyarakat Tlogomas benar benar dapat merasakan secara nyata manfaat adanya KIM. Ayoo,  berbuat dan terus mengabdi untuk negeri ini… (tjay)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.