PELAYANAN TERPADU

  1. Blog KIM

blogDalam rangka mempermudah informasi bagi masyarakat, maka dibuatlah sebuah sarana berupa Blog yang memuat informasi-informasi penting seputar kelurahan.

Blog KIM ini memuat beberapa informasi seperti seputar kelurahan Tlogomas seperti     Situs Sejarah, Seni Budaya, Religius, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi, Masyarakat, Pendidikan, Kesehatan, dan Wisata Kuliner di kelurahan Tlogomas.

Disamping itu juga memuat informasi seputar pemerintahan kelurahan Tlogomas seperti keadaan umum pemerintahan, kelembagaan masyarakat yang terdapat di kelurahan, keamanan dan ketertiban kelurahan Tlogomas.

Dari Blog ini juga dapat dilihat produk unggulan yang ada di Kelurahan Tlogomas seperi budidaya jamur dan abon jamur.

 

  1. WEB Kelurahan

Dalam mempermudah memberikan informasi kepada masyarakatnya, Kelurahan Tlogomas telah mempersiapkan website Kelurahan untuk memberitahukan apa saja yang berkaitan dengan Kelurahan Tlogomas. Memang saat ini perkembangan tekhnologi berkembang sangat cepat, dimana para warga masyarakat tersebut akan sendirinya muncul tentang kesadaran akan kebutuhan informasi yang murah dan cepat melalui swadaya dari masyarakat setempat, serta terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan teknologi jaringan yang dapat dijangkau oleh warga.

Dengan adanya Website Kelurahan ini masyarakat mendapatkan banyak keuntungan, keuntungannya antara lain;

  1. Mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat melalui internet tak terbatas waktu (24 jam nonstop).
  2. Sebagai sarana komunikasi/silahturrahmi antar warga.
  3. Sebagai upaya mencerdaskan warga dibidang teknologi informasi.

Dengan adanya website Kelurahan ini, pemerintah ikut terlibat dalam pengembangan tekhnologi informasi, diharapkan akan terciptanya pelayanan kepada masyarakat yang efektif dan efisien didalam berbagai hal. Implementasi layanan penyediaan informasi yang komunikatif (dua arah) melalui Website ini, sebagai bentuk pelayanan peran serta masyarakat dalam pembangunan Kelurahan Tlogomas.

  1. Penerapan teknologi Wifi di taman bacaan

Banyak cara untuk menumbuhkan budaya belajar dan membaca di kalangan kawula muda, salah satunya dengan cara membuat taman bacaan yang bernuansa lingkungan hijau. Tempat Taman bacaan ini berlokasi di RW. 04 Kelurahan Tlogomas.

Salah satu alasan yang mendasar, kenapa pusat belajar ini dibangun di lingkungan hijau, karena Lingkungan Hijau adalah salah satu taman yang sering digunakan masyarakat untuk melakukan aktifitas bersantai. sehingga konsep ini bisa diterima dengan baik dan mampu menggairahkan minat baca masyarakat. Pada dasarnya, semua orang gemar membaca, tak ada yang malas. Model taman bacaan ini berfungsi sebagai taman belajar. Layanan ini memang diperuntukkan bagi kawula muda yang suka membaca.

Kenapa pusat belajar ini sasarannya anak-anak muda, karena generasi muda adalah masa depan bangsa Indonesia dan juga dunia. Fasilitas yang tersedia seperti tempat belajar dan taman bacaan masyarakat yang disusun dengan konsep modern, sehingga nuansanya berbeda jauh dengan perpustakaan dan pusat belajar formal lainnya.

Di tempat gratis ini sudah tersedia sedikitnya berbagai buku, di mana model layanannya sama dengan yang ada di perpustakaan. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas perangkat IT dan koneksi internet nirkabel (WiFi) untuk menunjang akses informasi yang relevan bagi kaum muda. Tentunya konten informasi yang dapat diakses yang bersifat inspirasional dan education, agar nantinya dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi masyarakat.

  1. Urusan perizinan berbasis IT

Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, manfaat IT terutama untuk pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat lah banyak.

Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan mereka.

Manfaat IT dalam membangun suatu individu, perusahaan, bahkan sebuah negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu Individu, perusahaan, bahkan suatu organisasi dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara mudah.

Di Kelurahan Tlogomaspun kini sudah menerapkan pelayanan berbasis IT dalam rangka untuk mempermudah warga dalam urusan perizinan, seperti kelengkapan pengurusan KTP, persyaratan surat pindah, persyaratan surat izin usaha pendirian perusahaan (SIUPP), dan lain sebagainya. Sehingga hal ini dapat menaikkan kualitas pelayanan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.