SARANA KEBERSIHAN

 INDUSTRI  PERALATAN KEBERSIHAN

“LIMA SARANA BERSIH”

               LIMA Sarana Bersih adalah sebuah usaha di bidang industri sarana kebersihan  yang memproduksi berbagai macam peralatan kebersihan. Industri yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini masih tetap eksis hingga sekarang, bahkan semakin berkembang dengan memperluas wilayah pemasarannya hingga mencapai wilayah seluruh jawa timur, sebagian wilayah jawa tengah dan jawa barat, Riau, Kalimantan, Kupang, Sulawesi, Halmahera, hingga ke wilayah Papua. Dengan bermodal semangat untuk maju, istiqomah, kesungguhan, dan profesional, industri yang berlabel “LIMA Sarana Bersih” ini berusaha memenuhi permintaan pasar dengan kualitas produksi yang terjaga. Penerapan program program yang berkaitan dengan kebersihan dan lingkungan, seperti Adipura, Adiwiyata, 3R (re-use, reduce, recycle), sangat menunjang produksi dari industri ini.

LIMA Sarana Bersih yang terletak di wilayah Kelurahan Tlogomas, tepatnya di Jalan Raya Tlogomas no 11 RT 03 RW 07  Tlogomas Kota Malang, dimana kata “LIMA” diartikan berasal dari kata “Lingkungan Indah Menunjang Adipura” memproduksi berbagai sarana kebersihan sebagai penunjang program pemerintah menuju Kota bersih hingga meraih penghargaan berupa Adipura. Industri ini benar benar sangat bersinergi dengan program pemerintah dalam hal metode pengelolaan sampah. Adapun produk yang dihasilkan oleh LIMA Sarana Bersih adalah tempat sampah dalam berbagai bentuk dan jenis, tempat sampah compartment, gerobak sampah, mini container, komposter, motor gerobak, mesin pencacah kompos, komposter mobile, hingga ke pengadaan uniform. Untuk produk produk tempat sampah ini, semuanya di design dengan model terpilah sesuai dengan perda tentang pemilahan sampah. Seperti halnya pemilahan sampah yang minimal dibagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah anorganik, begitu pula dengan produk gerobak sampah, tempat sampah compartmen, dan mini container nya. Sebagai kelanjutan dari proses pemilahan sampah, maka LIMA Sarana Bersih juga memproduksi alat alat pembuat kompos atau yang disebut dengan komposter, komposter mobile, mesin pencacah, berikut hingga proses akhir pembuatan kompos.

Selain menunjang program pemerintah dibidang pengelolaan sampah, program lain yang ditunjang olah produk LIMA Sarana Bersih adalah program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yakni Malang menuju sekolah Adiwiyata. Pengelolaan sampah melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Dari komunitas terkecil yakni keluarga, hingga komunitas terbesar dari suatu wilayah, diharapkan semuanya peduli kepada lingkungan.

DSC_1008 Photo0890 Photo0430
IMG-20130521-01334 IMG-20140425-WA0000 Dau-20130521-01331
CS 03 - compress DSC_0882 Photo0857
Photo0841 P1030600 P1030369
IMG-20111209-00220 DSC_1228 DSC_0131
Dau-20111208-00210 Photo1537 Photo1456
Photo1453 Photo0862 Photo1152

Begitu pula halnya yang terjadi pada masyarakat Tlogomas. Masyarakat Tlogomas yang dalam usaha kepedulian terhadap lingkungan menerapkan pengelolaan sistem IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), adanya Kampung hijau, Kampung bersinar, Kampung zero waste atau kampung bebas sampah, MCK Terpadu, pos pos pembuatan kompos, pemanfaatan lahan sempit untuk budidaya tanaman, dan kelompok kelompok BSM , yang kesemuanya diterapkan hampir di semua RW di wilayah kelurahan Tlogomas, menandakan bahwa masyarakat Tlogomas sudah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan. Pencanangan masyarakat peduli terhadap lingkungan, lingkungan hijau, indah, bersih, dan sehat, pertanda tingginya kualitas sumberdaya sebuah masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.