Pembinaan Lembaga Penyiaran—-KIM Tlogomas menuju tumbuhkembang profesionalisme jurnalistik

Pelatihan bertempat di ruang sidang Majapahit Balaikota Malang

Pelatihan bertempat di ruang sidang Majapahit Balaikota Malang

KIM  Tlogomas mengikuti pelatihan dari Kelembagaan Penyiaran yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Kota Malang pada tgl 10-11 Pebruari 2015 dengan materi menumbuh kembangkan potensi profesionalisme jurnalistik. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi KIM Tlogomas berkaitan dengan program dari KIM Tlogomas dalam pendirian radio komunitas. Dalam kegiatan pelatihan ini disampaikan mengenai bagaimana teknik menulis cepat, bahasa jurnalisme, apa saja yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan pers, serta kode etik jurnalistik.

Sunavip Ra Indrata, redaktur senior Malang Post menyampaikan dalam materinya bahwa sebagai wahana komunikasi massa, pelaksana kegiatan jurnalistik, penyebar informasi dan pembentuk opini, pers harus melaksanakan asas, fungsi, kewajiban dan peranannya demi terwujudnya kemerdekaan pers yang profesional berdasarkan prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum.

Faktor2 yang harus diperhatikan dalam perusahaan pers diantaranya adalah Media, isi, dan SDM yang merupakan kunci keberhasilan sebuah perusahaan pers. Bahwa perusahaan harus benar benar dikelola secara profesional.

Sementara pemateri kedua,   Asan Haji menyampaikan dalam teknik menulis cepat bahwa tidak ada aturan baku dalam menulis. Menulis adalah kebiasaan yang harus dibiasakan, karena menulis bukan hanya bakat tetapi juga merupakan ketrampilan.

Menulis memiliki beberapa langkah, yaitu menentukan tema atau topic yang akan ditulis, menggali informasi atas tema yang sudah ditentukan, sudut pandang, judul, lead, mengurai lead menjadi berita, dan penutup.

Selanjutnya semua peserta pelatihan diharap mencoba untuk menulis yang kemudian diupload pada masing masing web yang dimiliki. (tjay)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.