KESEHATAN

Kesehatan merupakan aspek yang tidak dapat dikesampingkan. Manusia bisa dipastikan akan selalu berhubungan dengan lingkungan dan akan selalu bergantung kepadanya. Interaksi dan ketergantungan ini akan mempengaruhi berbagai aspek bagi manusia, mulai dari kualitas hidup, kesehatan hidup dan terjaganya kesehatan manusia itu sendiri. Inilah yang mendasari mengapa kesehatan lingkungan menjadi bahasan penting bagi manusia.

Kesehatan lingkungan terdiri dari berbagai hal, seperti pencegahan dan pengendalian berbagai jenis penyakit yang muncul dari lingkungan, bencana dan penyakit endemik yang bisa ditimbulkan dari kerusakan lingkungan dan berbagai cacat yang juga diakibatkan oleh buruknya kualitas lingkungan kesehatan manusia.

Pada dasarnya, kesehatan lingkungan berfokus pada tujuan untuk memperbaiki setidaknya enam masalah dalam lingkungan, yaitu kualitas udara, kualitas air permukaan dan air tanah, substansi racun dan limbah berbahaya, permukiman dan kependudukan, pengawasan infrastruktur, dan kesehatan lingkungan global. Dengan memperhatikan keenam hal inilah yang merupakan dasar dari pelestarian kelestarian lingkungan.

Pentingnya menjaga kesehatan lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan manusia itu sendiri. Lingkungan dengan keadaan yang baik dan terjaga juga memberikan dampak pada aspek lain kehidupan manusia. Masyarakat yang teratur adalah salah satunya. Lingkungan yang sehat dapat menciptakan komunitas manusia yang berbudaya dan beretika baik karena telah terbiasa menghormati alam dan menjaga kelestariannya.

Secara global, upaya menjaga kesehatan lingkungan sebenarnya telah banyak dilakukan dan bahkan sampai sekarang masih dilakukan oleh berbagai badan penyelamat lingkungan. Upaya penjagaan ini dilakukan mulai dari pengawasan terhadap eksploitasi berlebihan terhadap alam hingga pengawasan terhadap pertumbuhan manusia dan pengembangan pemukimannya.

Fakta yang mengejutkan mengenai kesehatan lingkungan pernah dipublikasikan oleh badan kesehatan WHO. Penelitian mereka menunjukkan data mengerikan bahwa hampir 25% kematian dan cacat secara global dapat dikaitkan terhadap buruknya keadaan lingkungan. Data ini tentu dapat meberikan gambaran jelas betapa pentingnya kesehatan lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia.

Menjaga kesehatan lingkungan secara global memang akan sulit dilakukan jika hanya dilakukan oleh orang-orang yang peduli saja. Jika setiap orang saja rela dan sadar untuk melakukan pelestarian terhadap lingkungan sekitarnya, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kesehatan lingkungan secara global dapat lebih mudah dilakukan dan tentunya menaikkan taraf hidup dan peradaban manusia.

Kelurahan Tlogomas ini, menjadi sangat strategis dengan adanya Rumah sakit Universitas Muhammadiyah Malang yang bisa dikatkaan besar. Dengan adanya rumah sakit ini menunjuang kesehatan masyarakat Tlogomas secara umum. Disampaing itu terdapat Posyandu di setiap RW mulai dari RW 01 smapai dengan RW 09, juga Puskemas Pembantu. Pasyandu dan Puskesmas Pembantu ini sangat menunjang masyarakat dalam aspek kesehatan.

Rumah Sakit UMM 2

Gambar 1. RS Universitas Muhammadiyah Malang

DSC_1300-1

Gambar 2. RS Universitas Muhammadiyah Malang

POSYANDU LANSIA RUTIN DI PSIK UNITRI. 3jpg

Gambar 3. Abdimas Mahasiswa – Posyandu Lansia Rw 8 Tlogomas

POSYANDU LANSIA RUTIN DI PSIK UNITRI. 2jpg

Gambar 4. Abdimas Mahasiswa – Posyandu Lansia Rw 8 Tlogomas

POSYANDU LANSIA RUTIN DI PSIK UNITRI

Gambar 5. Abdimas Mahasiswa – Posyandu Lansia Rw 8 TlogomasABDIMAS MAHASISWA UNITRI POSYANDU LANSIA RW 8

Gambar 6. Posyandu Lansia Rutin Di PSIK UNITRI

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.