TAMAN TERIMAKASIH KIM TLOGOMAS, KONSEP PROGRAM DAN MINIATUR TLOGOMAS BERBASIS POTENSI WILAYAH

Taman TERIMAKASIH KIM Tlogomas yang bertempat di TC Daragati dengan no posisi 10

Taman TERIMAKASIH KIM Tlogomas yang bertempat di TC Daragati dengan no posisi 10

Taman KIM Tlogomas yang bertema TAMAN TERIMAKASIH (Terapi Informasi Kawasan Bersih) bertempat di halaman Telecenter Daragati sebagai Pemenuhan atas Lomba Taman KIM yang di selenggarakan oleh Dinas Kominfo bidang SKDI Pemerintah Kota Malang dengan bantuan anggaran dari dinas (hanya) sebesar Rp. 250.000,

Konsep Taman TERIMAKASIH ini merupakan miniatur dari segala potensi yang dimiliki oleh Tlogomas dimana KIM Tlogomas memang merupakan KIM yang berbasis potensi wilayah. Dengan aplikasi program kerja KAMPUNG MEDIA WISATA yang meliputi WISATA INFORMASI, WISATA BUDAYA, WISATA PENDIDIKAN, WISATA LINGKUNGAN DAN WISATA KULINER… dengan fasilitas TLOGOMASNET, TERASLAPAK TLOGOMAS, dan RADIO KOMUNITAS BERBASIS BUDAYA “TLOGOMAS FM”….

Program kerja KIM Tlogomas ini didukung kelurahan melalui pemberian anggaran kegiatan non fisik setiap tahun disamping juga kerjasama KIM Tlogomas dengan lembaga lembaga perguruan tinggi , CSR Perusahaan perusahaan, dan swadaya masyarakat sendiri.


Berikut paparan tentang taman KIM Tlogomas…
Dari bentuk tebing yang terhampar di dinding sebagai gambaran letak geografis wilayah Tlogomas yang memang memiliki kontur tanah bertebing mengingat sebagian wilayahnya sepanjang bantaran sungai brantas, sungai metro dan beberapa anak sungai lainnya. Kekayaan Wilayah Tlogomas akan banyaknya sumber mata air juga menjadi salah satu sebab wilayah ini bernama Tlogomas.

Beberapa batuan yang nampak di area taman menggambarkan sebagai media interaksi masyarakat Tlogomas. Tlogomas yang masuk wilayah perkotaan akan tetapi masih memiliki potensi masyarakat yang tinggi akan rasa kepedulian sosialnya, guyub rukun, gotong royong, semangat, serta partisipasi masyarakatnya yang besar dalam keikutsertaannya membangun. Juga WATU GONG yang merupakan situs budaya yang dimiliki Tlogomas disamping situs situs lainnya.

Untuk BATU TERAPI berbentuk LABU KENDI merupakan salah satu IKON dari Tlogomas yang merupakan wilayah penghasil labu berbentuk kendi di kota Malang ini yang merupakan tanaman langka atau belum banyak yang mengenal tanaman ini.  Labu kendi ini juga diangkat sebagai salah satu tema dari kerajinan batik tulis Tlogomas yang juga merupakan salah satu binaan unggulan produk KIM dengan nama LABU KENDI KINANTI.
Sementara batu terapi adalah salah satu usaha pemberdayaan dengan pemanfaatan lahan kosong di beberapa wilayah Tlogomas yang sudah meraih juara Kampung bersinar, Kampung Subur Makmur, Kampung Ramah Anak, Kampung Zero Waste hingga meraih Penghargaan tertinggi sebagai Kelurahan Terbaik Nasional dengan piala Adi Karya Bhakti Praja 2014.

Beberapa tanaman disamping Kol banda dan Andong Merah yang merupakan icon kota Malang, juga beberapa tanaman toga yang sangat bermanfaat. Bahkan tanaman Kelor yang biasa disebut tanaman malaikat karena berjuta manfaat yang dimiliki. Sebagai wilayah yang meraih sertifikasi penghargaan  KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yaitu wilayah penghasil tanaman toga dan sayuran dengan pemanfaatan lahan sempit di halaman rumah, menunjukkan akan tingginya peran serta masyarakat terhadap lingkungan dan potensinya

Terakhir media selfie atau wefie dengan latar belakang website KIM Tlogomas di www.kimtlogomas.com sebagai keikutsertaan peran KIM dalam membangun Tlogomas melalui media informasi serta menghubungkan dengan berbagai kelembagaan baik pemerintah, swasta atau perguruan tinggi merupakan pemenuhan masyarakat Tlogomas atas pentingnya informasi dan bijak dalam penggunaannya.

Semoga hal ini dapat bermanfaat sepenuhnya sebagai usaha KIM Tlogomas mengangkat potensi Tlogomas melalui lomba taman ini… silahkan klik “like” berarti anda mendukung usaha masyarakat turut membangun dan mempertahankan budaya negri ini..

KALO MAU SELFIE ATO WEFIE…. DATANG AJA KE TC DARAGATI…. KALO MAU LIHAT KAMPUNG MEDIA WISATA…. DATANG AJA KE TLOGOMAS…. !!!

Kami tunggu yaaaa…. ????????

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.