PROFIL KIM TLOGOMAS

tlogomas WELCOME TO

KIM “TLOGOMAS”

KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT

                         (Public Information community)                         

http://kimtlogomas.kimkotamalang.or.id

 

KIM ‘TLOGOMAS’ merupakan lembaga layanan publik yang berorientasi pada layanan informasi yang dibentuk dan dikelola oleh, dari, dan untuk masyarakat dibawah naungan pembinaan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang yang wilayah kerjanya meliputi seluruh aspek potensi kelurahan Tlogomas. Tidak berafiliasi dengan kegiatan politik manapun dan bukan instansi pemerintah.

 

Tanggal Pembentukan Minggu, 9 Maret 2014

Pendirian SK Walikota Malang Nomor : 188.45/186/35.73.122/2014

Dikeluarkan tanggal 4 Mei 2014

Alamat : Ruang Sekretariat Bersama Kantor Kelurahan Tlogomas

Jl. Raya Tlogomas no. 56 Malang 65144 Telp. (0341) 560649

 

IDE DASAR PENDIRIAN

Kelurahan Tlogomas merupakan pintu gerbang kawasan sebelah barat Kota Malang yang menghubungkan wilayah Kota Malang dengan wilayah Kabupaten Malang menuju Kota Batu atau sebaliknya. Melihat letaknya yang sangat strategis menjadikan Kelurahan Tlogomas memiliki banyak potensi sekaligus pintu masuknya segala akses informasi. Mengingat letaknya yang berada di pintu gerbang Kota Malang, Kelurahan Tlogomas dilalui dengan berbagai macam kendaraan dengan intensitas yang tinggi terutama di jalur Jalan Raya Tlogomas. Jalan ini merupakan kolektor primer yang disekitarnya didominasi oleh sarana pertokoan/perdagangan, industri, jasa, perkantoran, dan pendidikan. Kelurahan Tlogomas juga memiliki kawasan konversi berupa ruang terbuka hijau yang berada digaris sempadan sungai. Keberadaan RTH di Kelurahan Tlogomas ini diharapkan dapat menjaga keseimbangan perbandingan antara lahan terbangun dan lahan tidak terbangun. Pada perkembangannya Kelurahan Tlogomas berhasil meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakatnya dengan baik seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan pembangunan. Keberadaan pemerintahan Kelurahan yang berprestasi di segala bidang ditunjang dengan besarnya peran serta dan partisipasi masyarakat Tlogomas sangat berpengaruh pada suksesnya Kelurahan Tlogomas dalam mengolah semua potensi wilayah secara optimal dan berdaya guna. Meningkatkan Sumber Daya Masyarakat Tlogomas adalah tujuan utama dalam pemberdayaan masyarakat yang diharapkan dapat menjadi proyek percontohan masyarakat perkotaan yang peduli, berprestasi dan bermartabat.

 

Perubahan status dari masyarakat kabupaten menjadi masyarakat perkotaan ditunjang dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan pembangunan disegala bidang menuntut masyarakat Tlogomas untuk dapat mewujudkan masyarakat madani yang paham akan informasi yang bersifat sehat, cerdas, trampil, kreatif, inovatif, produktif dan komunikatif. Mengelola secara optimal semua potensi yang ada di wilayah kelurahan Tlogomas adalah tujuan dibentuknya KIM ‘TLOGOMAS’.

 

KIM ‘TLOGOMAS’ merupakan pilot project dalam mengimplementasikan konsep KIM BERBASIS POTENSI WILAYAH dimana proses pemberdayaan terjadi melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses, dan pendayagunaan informasi tersebut melalui KIM ‘TLOGOMAS’ yang melibatkan masyarakat dengan mengembangkan seluruh potensi yang ada di wilayah Kelurahan Tlogomas.

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.