Peran KIM Tlogomas sebagai wadah informasi masyarakat

Profil KIM Tlogomas Malang

Profil KIM Tlogomas Malang

Era keterbukaan informasi yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan Komunikasi (TIK), menjadikan dunia seakan tidak mengenal batas wilayah. Manusia dengan mudah dan cepat dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Kondisi ini, apabila tidak diimbangi dengan kesiapan sumber daya manusia dalam memilah dan memilih informasi yang tersedia secara transparan berdampak pada kontra produktif dalam kerangka pembangunan di segala bidang.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memiliki peran strategis dalam upaya menjawab tantangan tersebut, karena KIM sebagai komunitas masyarakat informasi yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat merupakan masyarakat yang sadar informasi yang diharapkan dapat berperan menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat atau sebaliknya antara masyarakat dan pemerintah.

Sebagaimana yang diketahui bahwa KIM Tlogomas merupakan wadah informasi bagi masyarakat sekitar Tlogomas. Salah satu upaya KIM Tlogomas untuk memberikan informasi pada masyarakat yakni dengan melakukan peliputan beberapa produk unggulan dalam kelurahan tlogomas untuk memudahkan akses informasi bagi masyarakat kota Malang dan sekitarnya. Peliputan oleh malang TV tersebut dilakukan pada hari Senin, 30 Juni 2014.

Jpeg

Adapun kegiatan dan produk yang diliput oleh malang TV adalah; senam lansia, posyandu (pemeriksaan lansia), taman bacaan masyarakat, poskamling, pembuatan keramik, dan budidaya jamur, produk seprei, poskamling, STIKES posyandu (PAUD dan BKB), taman toga, PDAM, tong kran untuk cucui tangan, IPAL USRI, sanitasi sumber air, SDN 01 tlogomas, situs karuman, produk telur asin, IPAL, posdaya, sumber air, SMK PGRI 3 kawasan bebas rokok, taman bacaan, abon jamur, mie sehat, taman terapi, WIFI, BSM, kebun bibit (terong dan sawi), lingkungan RW 6, karang taruna, taman toga, rumah sehat, situs sejarah (watu gong), pembuatan kompor Briket, pondok bahrul magfirah, pemerintahan, SDM Kelurahan, buku-buku dna administrasi, PANTI PKK, keluarga siaga, BPJS, Administrasi BKM, LPMK, anjungan PBB, anjungan kependudukan, karang werdha dan KIM.(tjay)

 

Salah satu kegiatan syuting Malang TV di Kelurahan Tlogomas.

1. Syuting Malang TV di Tempat Pembuatan Kompos wilayah RW. 03

IMG_2737

2. Syuting Malang TV di Pos Daya wilayah RW. 07

IMG_2689

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.