PENDIDIKAN

 

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan, ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

 

Seorang anak yang disayangi akan menyayangi keluarganya, sehingga anak akan merasakan bahwa anak dibutuhkan dalam keluarga. Sebab merasa keluarga sebagai sumber kekuatan yang membangunya. Dengan demikian akan timbul suatu situasi yang saling membantu,saling menghargai, yang sangat mendukung perkembangan anak. Di dalam keluarga yang memberi kesempatan maksimum pertumbuhan, dan perkembangan adalah orang tua. Dalam lingkungan keluarga harga diri berkembang karena dihargai, diterima, dicintai, dan dihormati sebagai manusia. Itulah pentingnya mengapa kita menjadi orang yang terdidik di lingkungan keluarga. Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain.

 

Sedangkan di lingkungan sekolah yang menjadi pendidikan yang kedua dan apabila orang tua mempunyai cukup uang maka dapat melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi dan akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi kemudian menjadi seorang yang terdidik. Alangkah pentingnya pendidikan itu. Guru sebagai media pendidik memberikan ilmunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Peranan guru sebagai pendidik merupakan peran memberi bantuan dan dorongan, serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak dapat mempunyai rasa tanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. Guru juga harus berupaya agar pelajaran yang diberikan selalu cukup untuk menarik minat anak .

 

Selain itu peranan lingkungan masyarakat juga penting bagi anak didik. Hal ini berarti memberikan gambaran tentang bagaimana kita hidup bermasyarakat. Dengan demikian bila kita berinteraksi dengan masyarakat maka mereka akan menilai kita, bahwa tahu mana orang yang terdidik, dan tidak terdidik. Di zaman Era Globalisasi diharapkan generasi muda bisa mengembangkan ilmu yang didapat sehingga tidak ketinggalan dalam perkembangan zaman. Itulah pentingnya menjadi seorang yang terdidik baik di lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat.

 

Secara umum, pendiidkan di Tlogomas sendiri bisa dikatakan sudah maju. Hal ini dapat dilihat dari banyaknaya institusi pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi. PAUD didirkan tiap RW untuk menampung anak usia dini yang hendak memulai pendidikan formalnya. Di kelurahan ini juga terdapat beberapa sekolah tingkat SD, SMP, SMA.

 

Data institusi pendidikan Kelurahan Tlogomas;

 

1          TK-PG Assariyah di RW 4

2          TK-PG Assalam di RW 4

3          SDN Tlogomas 1 di RW 5

4          SDN Tlogomas 2 di RW 5

5          MTS Muhammadiyah di RW 5

6          MAN 01 MALANG di RW5

7          SMA MUHAMMADIYAH 03 MALANG di RW 5

8          SMK KERTHA WISATA di RW 6

9          SMK MUHAMMADIYAH 02 MALANG di RW 5

10         SMK PGRI 03 MALANG di RW 7

11         UNITRI di RW 8

12         STIA di RW4

13         AKBID WIRA HUSADA di RW 8

14         Universitas Muhammadiyah Malang di RW 7

15         PAUD RW 1

16         PAUD RW 2

17         PAUD RW 3

18         PAUD RW 5

19         PAUD RW 6

20         PAUD RW 7

21         Taman Bacaan RW 02

22         Taman Bacaan RW 04

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.