KIM Tlogomas Resmi di Bentuk

Kabid SKDI, Bambang Nugroho menjelaskan Konsep KIM Berbasis Potensi Wilayah kepada Adi Sutanto di kantor DPPM-UMM, Selasa (25/02).Konsep KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Berbasis Potensi Wilayah yang digagas oleh Ir. H. Bambang Nugroho, MT (Kepala Bidang SKDI) mendapat respon positif dari elemen masyarakat yang ada di Kelurahan Tlogomas, seperti yang terlihat pada saat road show ke Radio Andalus dan DPPM-UMM (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat –  Universitas Muhammadiyah Malang (25/2 2014).

Drs. H. Saiful Khasbullah, MM (Dirut Radio Andalus) dan DR. Adi Sutanto (Penanggung Jawab DPPM-UMM) menyatakan respek dengan gagasan KIM Berbasis Potensi Wilayah, dan menyatakan dukukannya untuk ikut terlibat dalam terbentuknya KIM yang ada di Kelurahan Tlogomas.

Dalam konsep ini, bagaimana pemberdayaan terjadi melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses dan pendayagunaan informasi tersebut melalui kelompok, yang melibatkan elemen masyarakat dengan mengembangkan potensi yang ada di wilayah tersebut.

 

Cita-cita kehadiran KIM berbasis potensi wilayah dalam masyarakat merupakan KIM yang inovatif, artinya mampu menjadi agen pembaharu di lingkungannya. Mampu menemukan gagasan, pemikiran dan upaya dalam rangka mengubah kondisi masyarakat ke arah lebih baik, lebih unggul dan lebih kompetitif.

Secara keseluruhan, inovasi yang dilakukan KIM berbasis potensi wilayah diarahkan pada upaya mewujudkan masyarakat informasi sebagai satu tahap peradaban masyarakat global yang memfungsikan informasi sebagai kekuatan dan sumberdaya kehidupan manusia yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu, KIM Berbasis Potensi Wilayah akan mengikuti perkembangan teknologi dan akan mendayagunakannya sesuai dengan tahapan perkembangan masyarakat dan teknologi informasi dan komunikasi. Karakteristik masyarakat informasi yang akan diwujudkan ialah masyarakat informasi yang sejahtera, tidak saja dari perspektif ekonomi tetapi dari aspek juga sosial dan budaya.

Hari Minggu Pahing, tanggal 9 Maret 2014 menjadi momen yang bersejarah bagi warga di Kelurahan Tlogomas, Bertempat di gedung serba guna Kelurahan Tlogomas, Tepat pukul 17.00 WIB, dibentuklah KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), yang diberi nama KIM Tlogomas .

KIM Tlogomas merupakan model pertama yang diimplementasikan dari konsep  KIM berbasis potensi wilayah di wilayah Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Pada acara tersebut hadir jajaran Dinas Kominfo, Lurah Tlogomas, Ketua LPMK, Ketua RW, Ketua BKM, DPPM-UMM, Ketua Tim Penggerak PKK Kel. Tlogomas, perwakilan karang taruna Kelurahan Tlogomas, dan Forum KIM Kota Malang.

Peserta mengikuti  Acara Pembentukan KIM Tlogomas di Kelurahan Tlogomas, Minggu (9/3 2014)

Dalam Kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo diwakili Kepala Seksi Kelembagaan & Kemitraan Komunikasi Djoko Purnomo. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa pada era keterbukaan informasi yang didorong oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) akan menjadikan dunia seakan tanpa mengenal batas wilayah, khususnya di Kota Malang. Di sinilah salah satu fungsi dari dibentuknya KIM Tlogomas sehingga seluruh warga Kelurahan Tlogomas dapat mengakses informasi yang dibutuhkan.  Selain itu, diharapkan dapat mengembangkan serta meningkatkan potensi wilayah yang ada di Kelurahan Tlogomas.

Pantjawati Yustikarini, S.Sos  selaku Ketua KIM Tlogomas terpilih, dalam sambutannya menyampaikan tentang adanya berbagai variasi potensi yang ada di Tlogomas ini akan dikelola dan dikembangkan secara bersama dengan Bidang-bidang yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing di dalam struktur organisasi KIM Tlogomas.

Pantja demikian panggilannya, juga menyampaikan perlu adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya di Tlogomas, selaras dengan  konsep  KIM berbasis potensi wilayah yang digagas oleh Bambang Nugroho.

Pantjawati (Ketua KIM Tlogomas terpilih) memberikan sambutan, Minggu (9/3)

Kegiatan pembentukan KIM Tlogomas juga dihadiri Ketua DPPM-UMM, Dr. Adi Susanto. Beliau mengatakan respek dan menyatakan dukungannya dengan terbentuknya KIM Tlogomas. DPPM-UMM siap berpartisipasi aktif dalam susunan kepengurusan KIM Tlogomas.

KIM Tlogomas juga sangat beruntung karena di wilayah tersebut telah ada lembaga penyiaran yaitu Radio Andika Lugas Sawara (Andalus FM), Ketua KIM Tlogomas dapat  bekerja sama dan menggandeng  Radio Andalus agar semua kegiatan KIM Tlogomas dapat disiarkan melalui radio Andalus FM, dan dapat bekerja sama dalam penyebaran informasi kepada masyarakat. (banu/dmb)

Sumber : http://mediacenter.malangkota.go.id/2014/04/untukmengembangkan-kim-kota-malangdiskominfo-lakukan-sosialisasi/#ixzz2zwPCOG5r

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.